Indonesia Juara Tersenyum Sedunia


STOCKHOLM - Indonesia berada di tingkat pertama dalam urutan negara dengan warganya paling mudah tersenyum di dunia dibandingkan dengan negara lain.

The Smiling Report 2009 yang digelar Mystery Shopping Providers (Provider Misteri Belanja) di Swedia, menempatkan Indonesia sebagai negara tertinggi tersenyum dengan 98 persen. Selanjutnya,Indonesia merupakan negara dengan ucapan salam yang paling tinggi, yaitu 98 persen.

Ironisnya, dalam jajak pendapat tersebut,justru menempatkan Swedia berada di nomor 24 pada daftar untuk kategori senyum dengan persentase 77 persen dan urutan ke-31 untuk ucapan salam dengan 81 persen. Negara yang paling pelit tersenyum adalah Pakistan dengan persentase 44 persen.

Sebenarnya, survei tersebut dilakukan pada 2008 dengan lebih dari 2,5 juta pertanyaan mengenai "Senyum" dan "Salam" pada bisnis penjualan di 66 negara. Dalam kategori ucapan salam tertinggi, selain Indonesia, juga menempatkan Hong Kong dengan 98 persen. Yang terendah adalah Maroko dengan 48 peersen.

Dalam laporan itu terdapat kesenjangan yang besar, Benua Australia memiliki skor tertinggi dari semua benua, dengan senyum sebesar 89 persen dan salam 92 persen. Afrika disebutkan terendah dengan 61 persen untuk kategori senyum dan 51 persen untuk kategori salam. Siapa sebenarnya penyelenggara jajak pendapat tersebut?

Adalah Mystery Shopping, sebagai penyedia jasa layanan belanja yang umumnya dimanfaatkan oleh berbagai individu dan korporasi di seluruh dunia untuk memosisikan diri sebagai pembeli. Dengan demikian, Mystery Shopping mampu memberikan pendapat objektif mengenai suatu produk atau layanan penjualan karena memosisikan diri sebagai pelanggan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Indonesia Juara Tersenyum Sedunia"

Posting Komentar