Steve Jobs, CEO Terbaik 10 Tahun Terakhir


Siapa yang tidak kenal Steve Jobs, pemimpin Apple yang mampu mengubah industri musik, menciptakan smartphon terbaik dan membuat Pixar menjadi perusahaan animasi komputer terbesar.

Kesuksesan ini sangat setimpal dengan anugerah yang diberikan oleh majalah Fortune baru-baru ini. Fortune menobatkan Jobs sebagai pemimpin perusahaan terbaik dalam 10 tahun terakhir. Alasannya karena Jobs mampu memimpin empat jenis industri berbeda, komputer, musik, film dan ponsel, yang sebelumnya sama sekali tidak terkenal.

"Industri menyebutnya sebagai orang yang memang dilahirkan sebagai 'penjual', atau seorang pesulap yang mampu membuat imajinasi menjadi kenyataan. Seorang penguasa yang sangat perfeksionis. Hal ini tentu saja sesuai dengan kenyataan, sebuah deskripsi yang benar-benar ditujukan bagi namanya yang melegenda," ujar pihak Fortune seperti dikutip Big News Network, Jumat (6/11/2009).

Dalam laporan tersebut, Jobs dibandingkan dengan Henry Ford, Juan Trippe pemilik PanAm dan Conrad Hilton.

Menurut Fortune, Jobs telah berhasil memadukan dan mengubah industri musik, film dan telepon selular, serta menjadikan Apple sebagai perusahaan yang pantas untuk diperhitungkan dalam 10 tahun terakhir.

Sebelum menganugerahkan gelar tersebut, Fortune telah mengawasi kinerja Jobs selama 12 tahun terakhir, sejak tahun 1997, ketika ia sempat berkelana dan meninggalkan perusahaannya itu.

Sebelum meraih kesuksesan, Jobs membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memperkenalkan strategi barunya di dunia digital. bahkan meski ia telah memperkenalkan strategi bisnis digital melalui temuan revolusioner iTunes dan pemutar musik iPod pada tahun 2000, tetap saja ia harus menghadapi ancaman kebangkrutan.

Namun sekarang, Apple telah memiliki 34.000 karyawan dengan harga perusahaan senilai USD170 miliar. Diperkirakan jumlah tabungannya saat ini telah mencapai USD34 miliar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Steve Jobs, CEO Terbaik 10 Tahun Terakhir"

Posting Komentar